Berita yang menyangkut berdirinya kerajaan Funnan berasal dari Cina sekitar abad 3 masehi. Petunjuk pertama dari orang Cina mengenai kerajaan tersebut datang dari utusan yang dikirim oleh kaisar bernama Kang Tai. Sedangkan kaisar yang berkuasa pada waktu itu adalah Fan Shun.
Pendiri kerajaan Funnan, menurut berita dari Cina adalah Fang Shih-man. Fan Shih-Man adalah penakluk besar, beliau mengembangkan kekuasaan kerajaannya sedemikian rupa sehingga dijuluki atau diberi gelar raja besar. Beliau juga membangun angkatan laut yang besar untuk menguasai lautan. Dalam cerita menyebutkan, beliau menyerang 10 kerajaan dan menuguasai 4 diantaranya. Wilayah kekuasaannya meliputi lembah-lembah sungai Mekong dan Tole Sap.
Titel Dinasti Funnan disebut sebagai King of The Mountain (Raja Gunung). Ibukota kerjaan adalah Vyadapura yang terletak di daerah jalur lalu lintas perdagangan sungai Mekong. Wilayah kekuasaan kerajaan Funnan meliputi pantai Malaya sebelah utara. Dan juga mengawasi pelabuhan dan kapal-kapal disekitar pantai Camrah Bay. Lalu lintas perdagangan mengandalkan aliran sungai. Negaranya bersifat agraris dengan mengandalkan hasil pertanian. Tanahnya sangat subur karena dialiri oleh sungai-sungai yang ada pada waktu itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s